Merek barang / makanan / minuman terkenal di Indonesia

Sebelumnya, posting ini tidak ada maksud untuk dijadikan sebagai alasan komersil (Iklan) karena, merek - merek yang akan dijabarkan dalam posting ini pun pasti sudah sangat terkenal, sehingga tanpa dipromosikan pun orang lain sudah pasti mengenalnya.

Pernah kah Anda ketika di Jalan, para pedagang asongan selalu bilang "Aqua .. Aqua.. Aqua..!!" padahal yang ia pegang adalah merek lain seperti Vit, 2 Tang, atau Club misalnya?.

Ya, itulah maksud dari merek generik. Merek generik adalah nama / merek suatu barang yang biasanya muncul pertama kali dan sering dipakai orang lain sehingga menjadi terlampau terkenal menjadikan orang lebih ingat pada sebuah produk karena mengenal merek itu ketimbang yang lain.

biasanya juga, sebuah merek pada product dapat menjadi merek generik karena sejarahnya yang panjang atau karena ciri khas yang ditimbulkan saat pertama kali di promosikan

Berikut adalah 10 Merek generik yang paling terkenal di Indonesia yang dirangkum oleh Tim Anekdot Blog :

1. Aqua (air minum dalam kemasan)


imej nya yang dekat dengan sumber alami dan dekat dengan masyarakat membuat produk air minum dalam kemasan, Aqua menjadi merek generik. Tak hanya itu, hadirnya produk ini memiliki sejarah yang panjang.
Aqua didirikan oleh Bapak Tirto Utomo, warga asli Wonosobo. Tirto berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang Pioneer maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di Indonesia.

Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai pertamina di awal tahun 1970-an. Ketika beliau sedang kedatangan tamu dan menjamunya, sang tamu tiba - tiba terkena sakit diare karena air yang diminumnya tidak cocok dengannya. Dari sanalah, muncul ide untuk mendirikan pabrik pembuatan air minum dalam kemasan. (baca selengkapnya sejarah Aqua di http://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_%28air_mineral%29)

2. Indomie (mie instant)


Ini ceritaku... Apa ceritamu? , Indoomiee.. Seleraku... pernah dengar tagline itu di TV?. ya, Indomie merupakan makanan instant berbentuk mie yang dapat di buat oleh siapa saja. Bahkan, dijadikan menu utama di warung - warung makan sederhana di Indonesia. kebanyakan dari mereka menyiapkannya dengan telur setengah matang.

Indomie mulai masuk pasar pada tahun 1982. Sejak dari itu permintaan pun banyak datang dari belahan dunia. Ini tidak berlebihan, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Timur tengah bahkan China pun tertarik mencicipi produk ini.

Konon, di Nigeria Indomie dijadikan makanan pokok warganya. Tidak percaya?
Penyanyi Rap J20 pun menciptakan lagu untuk makanan ini.


3. Baygon (obat pembasmi serangga di rumah)


"ada kecoa tuh, sana ambil baygon!" perintah seorang ibu pada anaknya. Tapi ternyata sang anak justru membawakan ibunya obat serangga merek lain. Kenapa bisa begitu? karena merek Baygon sudah terlampau terkenal.

Pestisida hijau ini di produksi salah satu pabrik kimia Jerman pada tahun 1975. kemudian pada tahun 2003, merek Baygon dibeli oleh S. C. Johnson & Son.

Hingga kini, Baygon telah memproduksi lebih puluhan varian obat anti serangga.

4.  Softex (pembalut wanita)

Untuk alasan tertentu, kami tidak dapat menampilkan ilustrasi gambar dan info secara terinci. Yang jelas, merek ini sangat terkenal dan sering disebut oleh kaum hawa dan menjadi terkenal di kalangan masyarakat, Meskipun banyak produk sejenis dengan merek yang berbeda.

5. Teh Botol "Sosro" (minuman teh)


Mungkin memang karena dari sejarahnya, merek Teh Botol Sosro begitu terkenal. Sama seperti Aqua diatas,
teh dalam botol yang di produksi PT Sinar Sosro ini. Nama Sosro diambil dari nama keluarga pendirinya yaitu Sosrodjojo. Pertama kali setelah di produksi di daerah Slawi, Jawa Tengah teh ini masih berbentuk teh kering yang di beri nama Teh Cap Botol dan daerah pemasarannya pun masih sekitar Jawa Tengah.

Singkat cerita, teh dibawa ke Jakarta dengan metode "cicip rasa" atau product sampling di beberapa pasar. Teh kering tersebut, diseduh dan dibagikan ke masyarakat saat itu juga. Namun, cara ini kurang berhasil karena ternyata tehnya terlalu panas.

Tidak habis akal, cara kedua pun dilakukan. Teh di masak dari tempat produksi dan dibawa ke Jakarta dengan wadah panci. Tapi sayangnya, teh tumpah selama perjalanan.

Akhirnya ide cemerlang pun muncul, teh tadi di masak dan dimasukkan kedalam botol bening yang telah dibersihkan. Dari sanalah Teh Botol Sosro lahir. Orang lebih mengenalnya dengan "Teh botol" Saja. namun, produk yang diberikan adalah Teh Botol Sosro yang amat legendaris ini. Padahal, banyak produk teh sejenis.

6. Betadine (Obat antiseptic pereda luka)


Sering luka? Anda pasti kenal merek ini. Produk botol kecil ini sering ditemui di kotak - kotak obat di rumah maupun di tempat lain. Orang lebih sering menyebutnya "Obat merah" dan yang di ambil pastilah Betadine.

7.  Pampers (popok bayi)


"adeee... sini pake dulu pampers nya" .. sang Ibu memanggil anak balitanya yang baru belajar berjalan. Anehnya, yang dipakaikan oleh Ibunya adalah merek yang lain namun tetap produk popok. Mungkin karena terkenalnya merek Pampers, maka Ibu - ibu di Indonesia sering membeli produk dan sering juga menyebut produk ini meski yang di beli bukan merek Pampers.

8. Stabillo (Alat tulis)


Anak sekolah sering menggunakan ini untuk memberi warna pada catatan mereka. Berbagai merek pun tercipta dari produk ini. Tapi yang lebih diingat oleh masyarakat kebanyakan adalah merek Stabilo yang ternyata nama panjangnya adalah Stabilo Boss.

Alasan utama merek Stabilo Boss terkenal sebagai merek generik karena seringnya merek ini disebut oleh masyarakat khususnya pelajar.

9. Levi's (celana panjang)



Jasa penjahit Levi's keliling selalu memasang kalimat "Vermak Levi's". Rasanya, jarang ditemui "Vermak Celana panjang". Celana ini dulunya digunakan oleh para pekerja tambang dan mengalami perkembangan pesat hingga sekarang.

Masuk ke Indonesia tahun 1980-an, celana Levi's menjadi merek yang sangat terkenal hingga kini.

10. Odol (pasta gigi)


Sering kali jika kita sedang mandi dan ingin menyikat gigi, yang kita ambil pasti ODOL bukan pasta gigi. Kata "odol" sering sekali menjadi perwakilan kata untuk produk pasta gigi (kecuali jika Anda menggunakannya untuk penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Anda pasti menyebutnya pasta gigi dan bukan odol).

Padahal, odol saja sudah nama merek terkenal dari pasta gigi. Dengan sejarah yang panjang, dan penyebutan yang turun temurun, Odol tak hanya jadi nama merek generik namun juga menjadi pembuat sejarah dari terciptanya pasta gigi

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Merek barang / makanan / minuman terkenal di Indonesia"

  1. micin (atau mecin, lupa)yaitu penyedap rasa... sasa pun disebut mecin. hehe

    thanks for share ya.. :)

    BalasHapus
  2. Its a very nice article. I love to read it. Keep it up. Thanks for sharing.
    Harga Booth Pameran

    BalasHapus

> Jika Artikel ini Membantu , Silahkan tinggalkan Komentar Anda
> Jika ingin menuliskan Kode-kode blog , jangan sekali-kali menulisnya dengan lengkap , Karena kodenya tidak akan muncul.
> U Comment I Follow !!!
> (Comment Use Emoticons, Copy Paste this code example: 13 or the other to the column comments)
> "No Spam"
> Do not Forget Leave Your Comment Here ...
> I Highly Appreciate your comment. This blog has been Dofollow.
> Komentar yang masuk SPAM tidak saya hapus dan saya akan Follow (jika link ada)

Follow Blog ini jika ingin mendapatkan informasi paling update