Tips Jual Beli dalam Bertransaksi Online

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzyfFEucwtSxGLiV3l1yk1vD0flUDhpbT1_YDPS_LiAOr7SnPjFQNGm1G2JpbTg7vWz-znuWcBMi7_y_wckXV7fLWhXsgr6M3Cr9a9wn5XDZGcmY0MZ8LPpGavo_rPVnEyamObc_8JcUEG/s400/Jualan+Blogspot.jpg 
Indonesian Information - Admin kali ini akan berbagi pengalaman tentang berjualan Online / Membeli barang secara Online. Admin juga sudah sering sebenarnya melakukan kegiatan ini. Sekarang kan jamannya udah maju, pasti ada cara bagi penjual atau pembeli untuk ber-belanja secara online. Tapi dalam berjualan / membeli barang pasti ada saja orang yang mempunyai niat Jahat, yaitu dengan Menipu / Kejahatan Online / Cyber Crime. Wah parah banget itu, apalagi tentu yang membeli, apa ga kasihan ya??

Nah, untuk mencegah itu, maka admin mempunyai beberapa informasi yang sangat baik untuk penjual ataupun pembeli.
Langsung aja deh, Let's Go To TKP!

Tips Bagi Pembeli : 
  • Informasi - Mintalah selalu informasi-informasi lengkap. Baik itu, Alamat, Nomor HandPhone, Kota, dl.
  • Identitas - Alangkah baiknya bagi penjual yang umurnya sudah di atas 17th, mintalah identitas nya. Contoh nya, KTP dan SIM. Kenapa harus SIM dan KTP? Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa kedua ID itu cocok (bisa juga di cocokkan dengan no rekening si penjual). Apabila si penjual adalah perusahaan, admin menyarankan anda untuk meminta konfirmasi data perusahaan terutama SIUP dan NPWP.
  • Bukti - Sebaiknya anda meminta beberapa bukti-bukti yang masih baik untuk lebih Percaya. Admin sarankan untuk membeli di penjual yang sudah memiliki lebih dari 20 bukti pembeli. Dan admin juga menyarankan untuk bertanya lengkap Foto-foto barang yang benar-benar asli milik Penjual. Jika sampai tertipu, kan rugi. Atau admin menyarankan lagi, supaya mencari bukti-bukti barang Original / Asli dengan penjual yang memberikan Video bukti bahwa barang itu asli / Original.
  • Pembayaran - Admin menyarankan disini supaya pembayaran melalui Bank atau Cash on Delivery (COD). Supaya lebih aman dari Kejahatan Dunia Maya.
  • Transaksi - Jika anda sudah selesai melakukan pembayaran dengan si Penjual lebih baik anda menyimpan bukti-bukti pembayaran / transaksi. Jika memakai bank maka nanti akan mendapatkan kertas bukti transfer. Hal ini di tujukan agar penmbeli bisa aman dari Kejahatan. Dan jika sudah menyimpan bukti pembayaran dan apabila ada kesalahan pada barang, kita bisa protes kepada si pembeli karena kita mempunyai bukti transaksi.
  • Extra Hati-Hati - Jika iklan/Promosi si penjual mengandung janji-janji yang terlalu muluk atau berlebihan (Saya ingatkan jangan mudah terpancing !). Jika ada, mintalah garansi atau bukti pembelian secara tertulis dari penjual.
  • Lokasi - Sebaiknya saya sarankan untuk membeli secara Cash on Delivery sebaiknya tempat / lokasinya yang Tepat / RAMAI. Jika tempat tersebut ramai, anda tidak mungkin terjadi sesuatu dengan diri anda sendiri :) 
Tips Bagi Penjual :
  • Informasi - Pastikan produk / barang / Jasa yang ingin di share ke berbagai media, harus lengkap selengkap-lengkapnya. Karena jika barang yang bukti nya lengkap pembeli akan lebih percaya kepada anda.
  • Pembayaran - Untuk pembayaran tidak langsung, pastikan uangnya telah masuk ke rekening / deposit anda sebelum anda memberikan barang kepada si pembeli.
  • Identitas - Pastikan identitas yang di berikan anda kepada publik itu lengkap. Mulai dari Nomor HP, Alamat, dll.
  • Lokasi - Pastikan anda bertemu dengan Pembeli di lokasi yang menurut anda Aman!. Admin menyarankan untuk bertransaksi di tempat yang sudah anda ketahui / aman.
http://tokoone.com/wp-content/uploads/2010/10/situs-jualan-ok.jpg
Indonesian Information - Kiranya segitu aja yang perlu admin sampaikan. Karena jaman sekarang orang tidak pernah puas terhadap sesuatu, dan hasilnya ialah Penipuan Online. Penipuan Online memang sudah sering terjadi, apalagi di Facebook, admin juga sudah sering mendengar tuh ada yang Ketipu. Kiranya jika posting ini bermanfaat, alangkah baiknya jika anda mengirimkan komentar yang bermanfaat untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi

Sumber, berdasarkan pengalaman : ViperBlood - Indonesian Information
Referensi from : Situs jual beli

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Jual Beli dalam Bertransaksi Online"

Posting Komentar

> Jika Artikel ini Membantu , Silahkan tinggalkan Komentar Anda
> Jika ingin menuliskan Kode-kode blog , jangan sekali-kali menulisnya dengan lengkap , Karena kodenya tidak akan muncul.
> U Comment I Follow !!!
> (Comment Use Emoticons, Copy Paste this code example: 13 or the other to the column comments)
> "No Spam"
> Do not Forget Leave Your Comment Here ...
> I Highly Appreciate your comment. This blog has been Dofollow.
> Komentar yang masuk SPAM tidak saya hapus dan saya akan Follow (jika link ada)

Follow Blog ini jika ingin mendapatkan informasi paling update