✔ Beberapa fakta sejarah Indonesia yang harus diluruskan

  Indonesian Information - Disini ane mau share beberapa fakta sejarah tentang Republik ini. mungkin sebagian kita sudah tau tapi salah kaprah, atau bahkan sama sekali nggak tau..

langsung aja gan cekidot




Spoilerfor asal-muasal nama indonesia:
Asal-muasal nama Indonesia



Nama Indonesia Pertama-tama muncul pada sebuah tulisan ilmiah dari seorang Inggris bernama George Samuel Windsor Earl. Earl adalah seorang ahli ethnologi yang meneliti bangsa yang berada di Kepulauan Nusantara. Ia menyebut bangsa yang tinggal di kepulauan tersebut dengan nama Indu-nesian dan Melayunesians pada tulisannya yang ia buat tahun 1835 hingga 1850. Tetapi ia tidak menyebut nama Kepulauan itu dengan dua kata tersebut. Sepertinya Earl masih bingung dengan penyebutan kepulauan itu walau ia telah menemukan dua kata tadi.

Kemudian seorang Inggris lainnya yang bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 menulis suatu karangan ilmiah yang berjudul The Ethnology of The India Archipelago dalam suatu jurnal dengan nama Journal of The Indian Archipelago and Eastern. Dalam karangannya tersebut ia menyebut Kepulauan Nusantara dengan nama Indonesia. Logan menggunakan kata Indonesia juga untuk menyebut penduduk kepulauan itu yang berkulit lebih terang dibandingkan yang berada di wilayah timurnya.

Nama Indonesia tersebut berasal dari bahasa Yunani. Dari kata Indo dan Nesos. Indo berarti India atau Hindia, sedangkan Nesos berarti kepulauan. Dengan demikian arti nama Indonesia adalah Kepulauan Hindia atau India. Menurut Earl, alasan utamanya menggunakan kata Nesos adalah karena ia menduga kata Nusa yang sangat mirip dengan kata Nesos yang berarti juga pulau atau kepulauan dalam bahasa Melayu Austronesia, memiliki umur yang mungkin sama tuanya. Kata Nesos mirip dengan kata Nusa dan memiliki umur yang sama.

Soo… Nama indonesia baru di kenalkan kepada dunia pada tahun 1850! Catet!



Spoilerfor 3,5 abad penjajahan belanda:
Apakah benar Indonesia di jajah belanda 350 tahun atau 3,5 abad?



Lihat lagi ke atas, nama Indonesia muncul pada tahun 1850. Penjajahan belanda atas indonesia berlangsung kurang lebih 350 tahun.

Belanda menarik pasukan kolonialismenya di indonesia pada tahun 1942 menandai berakhirnya penjajahan belanda di indonesia, kemudian di gantikan oleh jepang. Mari kita hitung 350 tahun mundur dari tahun 1942. Itu berarti penjajahan belanda dimulai pada tahun pada tahun 1592. Walaupun berbagai sumber dari buku sejarah mengatakan penjajahan belanda di mulai pada tahun 1596 ditandai dengan di dirikanya VOC di indonesia. tapi itu tidak begitu menjadi masalah, karna 1596 belum ada yang namanya indonesia. nama itu muncul di tahun 1950.

Lalu apa yang di jajah belanda pada awal mulanya ? pulau-pulau yang terpisah-pisah di timur hindia. Atau lazim di kenal Nusantara.



Spoilerfor Terimakasih kami sudah di jajah:
Terima kasih sebesar-besarnya kepada Belanda telah menjajah kami….



Ini terdengar janggal di baca ataupun di lihat. Kenapa kita harus berterima kasih kepada belanda yang telah menjajah sekian lama. Baca lagi di atas, pada awal mulanya penjajahan belanda bukanlah terhadap indonesia, melainkan pulau-pulau yang berceceran di belahan timur bumi, yang masing-masing pulau di kuasai oleh raja-raja. Lamanya penjajahan dan perlakuan yang tak manusiawi dari belanda menghasilkan beberapa pemberontakan dari bumi nusantara, pemberontakan di banten oleh sultan ageng tirtayasa, pemberontakan kerajaan ternate dan tidore di Maluku, dan serentetan pemberontakan-pemberontakan lain di nusantara menambah manis nostalgia sejarah.

Atas dasar perasaan senasib itu, dan semangat yang satu, puncaknya terjadi pada sumpah pemuda 28 oktober 1928. Para peserta Kongres Pemuda tersebut bersasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dll.

Disinilah janji janji manis untuk menyatukan pulau yang terpisah-pisah menjadi satu indonesia. bersatulah pulau-pulau terjajah tersebut menjadi satu INDONESIA. coba agan-agan bayangin kalo kita nggak di jajah belanda dulu, mungkin pulau-pulau di Indonesia udah jadi negara masing-masing




Spoilerfor Organisasi pertama yang menggunakan nama INDONESIA:
Apa organisasi anak bangsa yang petama kali menggunakan nama Indonesia?

Ternyata tidak disangka-sangka. Organisasi pertama yang menggunakan nama indonesia adalah Partai Komunis Indonesia (PKI).



Partai komunis di Hindia Belanda yang dirikan oleh HJFM Sneevliet pada Mei 1914 (dulunya bernama De Indische Sociaal Democratische Vereeniging disingkat ISDV) berubah nama menjadi Partai Komunis Hindia 23 Mei 1920 dan kemudian berubah lagi menjadi Partai Komunis Indonesia pada tanggal 24 Desember 1920. Walaupun sedikit Radikal, tapi partai ini adalah partai paling Revolusioner yang pernah di miliki indonesia di zamanya.

Barulah pada tahun 1922 secara konsekuen nama Indonesia digunakan Perhimpoenan Indonesia untuk mengganti apa yang dinamakan Hindia Belanda oleh kaum Imperealis. Nama perkumpulan mahasiswa Hindia Belanda di negara Belanda yang semula bernama Indische Vereeniging (berdiri tahun 1908) kemudian nanti berubah menjadi Indonesische Vereeniging (Perhimpoenan Indonesia). Pada tanggal 4 Juli 1927 berdiri Perserikatan Nasional Indonesia. Organisasi ini kemudian menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia. Disini kemudian nama Indonesia muncul kembali sebagai sebuah nama partai. Sepak terjang partai ini kemudian juga mengangkat nama partainya yang sekaligus mengangkat nama Indonesia dalam dunia pergerakan rakyat pribumi Hindia Belanda menuju kemerdekaannya.




Spoilerfor Ide pertama membentuk Republik Indonesia:
Bentuk Negara adalah Republik.


Siapa lagi kalau bukan Tan malaka.



Nama laki-laki ini hampir di hapuskan di dari sejarah karena aksi-aksi revolusionernya. Coba buka-buka lagi buku pelajaran sekolah. Nama Tan Malaka nyaris tidak pernah di sebutkan, hanya penerbit-penerbit yang berani melawan mainstream yang menyebutkan namanya. Itupun tak banyak.

Gagasannya tentang Republik Indonesia mendahului dan menginspirasi Soekarno, Hatta dan bapak bangsa lainya. Buku dengan judul Naar de Republik Indonesia (Menuju Republik Indonesia) pada tahun 1925 menjadi bukti otentik pemikirannya tentang Republik Indonesia. Dan bayangin gan, beliau nulis buku itu di umur beliau yang ke 20 tahun.. kita umur 20 tahun sibuk mikirin Boy Band gan

Bung Hatta baru menulis brosur Indonesia Merdeka pada tahun 1930 dan Bung Karno menulis brosur ke arah Indonesia Merdeka pada tahun 1932. Kemerdekaan yang dicita-citakannya bukan hanya sekedar kemerdekaan politik, tetapi kemerdekaan dalam segala aspek.

Tidak hanya itu. Massa Actie (Massa Aksi) terbit pada tahun 1926, sebagai analisis yang tajam terhadap revolusi atau perjuangan politik yang memerdekakan bangsa dan tanah airnya hanya mungkin berhasil kalau mendapat dukungan yang besar dan kuat dari massa rakyat. Buku ini yang di jadikan acuan Pledoi soekarno ketika di adili di bandung dengan judul Indonesia Menggugat.

Poskan Komentar

> Jika Artikel ini Membantu , Silahkan tinggalkan Komentar Anda
> Jika ingin menuliskan Kode-kode blog , jangan sekali-kali menulisnya dengan lengkap , Karena kodenya tidak akan muncul.
> U Comment I Follow !!!
> (Comment Use Emoticons, Copy Paste this code example: 13 or the other to the column comments)
> "No Spam"
> Do not Forget Leave Your Comment Here ...
> I Highly Appreciate your comment. This blog has been Dofollow.
> Komentar yang masuk SPAM tidak saya hapus dan saya akan Follow (jika link ada)

Follow Blog ini jika ingin mendapatkan informasi paling update

Posting Lebih Baru Posting Lama